Definisi Sistem Waktu Nyata

February 14, 2010

sekali-sekali mesti bagi ilmu di kuliah.. meski sederhana banget yah.. :p

yaudah de, langsung ke intinya aja.. agak panjang.. kalo ga niat baca.. silakan buka web lain.. haha.. kalo ngebca moga2 nambah pahala..

waktu nyata.. bukan jam ini loh maksudnya..

Sistem waktu nyata dapat di definisikan sebagai sistem yang harus menghasilkan respon yang tepat dalam batas waktu yang telah ditentukan. Jika respon komputer melewati batas waktu tersebut, maka terjadi degradasi performansi atau kegagalan sistem. Beberapa sumber lain mendefinisikan sistem waktu nyata sebagai berikut :

– Menurut definisi Kamus komputer Oxford : Setiap sistem yang waktu terjadinya output sangat signifikan. Jarak antara waktu input terhadap waktu terjadinya output harus sangat kecil terhadap waktu yang diperbolehkan.

– Menurut Cooling pada buku Software Design for Real Time Systems (1991): Sistem Waktu Nyata adalah sistem yang harus memprodukis respon yang tepat dalam suatu batasan waktu yang tentu. Komputer yang responnya melebihi batasan waktu ini akan memberikan performansi yang terdegradasi atau malfunction. Sebuah sistem waktu nyata membaca input dari plant dan mengirim sinyal kontrol ke plant pada waktu-waktu yang ditentukan oleh pertimbangan operasional dari plant bukan oleh sistem computer.

– Menurut Bennet : Sebuah program yang ketepatan operasinya tergantung pada hasil logika komputasi dan waktu suatu hasil diproduksi.

Sehingga, secara kasar dapat kita ambil kesimpulan bahwa sistem waktu nyata adalah sebuah sistem yang memiliki deadline / jangka waktu penyelesaian tertentu, namun tetap mengutamakan ketepatan dan performa yang tinggi dalam prosesnya.
Sebuah sistem waktu nyata adalah sistem yang kebenarannya secara logis didasarkan pada kebenaran hasil-hasil keluaran sistem dan ketepatan waktu hasil-hasil tersebut dikeluarkan. Aplikasi penggunaan sistem seperti ini adalah untuk memantau dan mengontrol peralatan seperti motor, assembly line, teleskop, atau instrumen lainnya. Peralatan telekomunikasi dan jaringan komputer biasanya juga membutuhkan pengendalian secara Real-time.

Contoh Sistem Waktu Nyata :
• Proses pengambilan uang pada ATM
• Proses login atau pendaftaran online
• Proses pengenalan sidik jari pada absensi
• Proses perekaman suara
• Sistem pendeteksian dan alarm
• Sistem pengiriman data transmisi (TV, Telepon)
• Proses isi ulang pulsa

One Response to “Definisi Sistem Waktu Nyata”

  1. ambon Says:

    lumayaaaaaaaannnnnnnn buat quiz SWN. 😀


Leave a comment